Selasa, 15 Desember 2015

filsafat ilmu

A.      Pengertian Filsafat Ilmu
Filsafat ilmu berasal dari dua kata, yaitu filsafat dan ilmu. Dua kata ini memiliki arti masing-masing. Apabila kedua kata ini digabungkan pun akan memiliki arti tersendiri.
Filsafat dan ilmu yang kita kenal dewasa ini berasal dari zaman Yunani kuno. Pada zaman itu filsafat dan ilmu jalin menjalin menjadi satu dan orang tidak memisahkannya sebagai dua hal yang berlainan. Nama yang dipakai pada saat itu adalah episteme. Episteme merupakan sinonim kata philosophia atau nantinya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi filsafat.
Filsafat dari asal bahasanya sendiri diambil dri bahasa Yunani, yaitu gabungan dari kata philo yang artinya cinta, suka dan shopia yang berarti kebijaksanaan, hikmah (wisdow) atau pengetahuan yang mendalam. Menurut istilah, filsafat adalah berfikir secara sistematis, radikal dan universal untuk mengetahui tentang hakikat sesuatu yang ada. Dengan kata lain filsafat adalah ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakekat kebenaran segala sesuatu.
Sedangkan secara harfiah kata ilmu berasal dari bahasa arab ‘ilmi yang berarti pengetahuan. Kata ini sering disejajarkan dengan kata science yang berarti pengetahuan dan aktivitas mengetahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar