Minggu, 29 November 2015

pertanyaan mengenai tugas sebagaicalon guru



Tugas Psikologi Perkembangan Peserta Didik
Nama : uryanah
Nim   : 2227141047
Kelas : III A (PGSD)

1)      Apa Tugas anda selaku calon guru SD ?

·         Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis
1.      Mengembangkan kebiasaan untuk memelihara badan, meliputi kebersihan, keselamatan diri dan kesehatan.
2.      Mengembangkan sikap positif terhadap jenis kelaminnya (pria atau wanita) dan juga menerima dirinya (baik rupa wajahnya maupun postur tubuhnya) secara positif.
·         Belajar bergaul dengan teman-teman sebaya
Yitu belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru serta teman-teman sebayanya. Pergaulan anak sekolah atau teman sebayanya mungkin diwarnai perasaan senang karena teman sepermainanya suka mengganggu atau nakal.
·         Belajar memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan.
Melalui pertumbuhan fisik dan otak, anak belajar dan berlari semakin stabil, makin mantap dan cepat. Pada masa sekolah anak sudah sampai pada taraf penguasaan otot, sehingga sudah dapat berbaris, melakukan senam pagi dan permainan-permainan ringan, seperti sepak bola, loncat tali, berenang dan sebagainya.
·         Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya.
Apabila anak sudah masuk sekolah, perbedaan jenis kelamin akan semakin tampak bahwa anak laki-laki tidak akan memperbolehkan anak perempuan mengikuti permainan yang khas laki-laki, seperti main kelereng, main bola dan layang-layang.
·         Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis, berhitung.
Salah satu sebab masa usia 6-12 tahun disebut masa sekolah karena pertumbuhan jasmani dan perkembangan rohaninya sudah cukup matang untuk menerima pengajaran. Untuk dapat hidup dalam masyarakat yang berbudaya, paling sedikit anak harus tamat sekolah dasar (SD), karena dari sekolah dasar anak sudah memperoleh keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung.
·         Belajar mengembangkan konsep sehari-hari
Apabila kita sudah melihat sesuatu, mendengar, mengecap, mencium dan mengalami, tinggalkan suatu ingatan pada kita. Ingatan mengenai pengamatan yang telah lalu itu disebut konsep (tanggapan). Semakin bertambah pengetahuan, semakinbertambah pula konsep yang diperoleh. Tugas sekolah yaitu menanamkan konsep-konsep yang jelas dan benar. Konsep-konsep itu meliputi kaidah-kaidah atau ajaran agama, ilmu pengetahuan, adat istiadat dan sebagainya.
·         Membentuk hati nurani, nilai moral, dan nilai sosial
Tugas ini ialah mengembangkan sikap  dan perasaan yang berhubungan dengan norma-norma agama, hal ini menyangkut penerimaan dan penghargaan terhadap peraturan agama (moral) disertai dengan perasaan senang untuk melakukan atau tidak melakukannya. Tugas perkembangan ini berhubungan dengan masalah benar-salah, boleh-tidak boleh, seperti jujur itu baik, bohong itu buruk dan sebagainya.
·         Memberikan kebebasan yang bersifat pribadi
Tugas ini adalah untuk dapat menjadi orang yang berdiri sendiri, dalam arti dapat membuat rencana berbuat untuk masa sekarang dan masa yang akan datang bebas dari pengaruh orang tua dan orang lain.
·         Membentuk sikap anak terhadap kelompok sosial dan lembaga-lembaga.
Tugas ini ialah mengembangkan sikap sosial yang demokratis dan menghargai hak orang lain. Umpamanya , mengembangkan sikap tolong menolong, sikap tanggung rasa, mau bekerjasama dengan orang lain, toleransi terhadap pendapat orang lain dan menghargai hak orang lain.

2)      Apa kegiatan yang akan dilakukan ?
·         Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis.
Mengajarkan dan memperaktekan kepada siswa bagaiman merawat badan agar menjadi bersih dan sehat.
·         Belajar bergaul dengan teman-teman sebaya
Mengajak siswa untuk menyesuaikan dengan lingkungan
·         Belajar keterampilan dasar  dalam membaca, menulis dan berhitung
Mengajarkan huruf alphabet dan cara bagaimana menuliskannya, mengajarkan angka dan menjelaskan bagaimana perkalian, pengurangan, pembagian dan penjumlahan.

3)      Bentuk kegiatan apa ?
·         Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis.
Siswa memperaktekan bagaimana cara menggosok gigi mereka dan bagaimana merawat tubuhnya, dan  setiap mau masuk kekelas siswa diperiksa dulu apakah kuku tangan mereka panjang atau tidak.
·         Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung
Menuliskan beberapa huruf atau kalimat lalu mengeja agar siswa yang belum bisa membaca bisa membaca. Memberikan contoh perkalian, pengurangan, pembagian dan penjumlahan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar